Merawat Kulit Wajah Ditentukan Berdasarkan Dengan Jenis Kulit


Semua orang pasti mendambakan kulit yang sehat serta bersih untuk dimilikinya, akan tetapi untuk bisa mewujudkannya perlu anda ketahui bagaimana cara yang tepat untuk anda bisa memulainya di rumah. Pasalnya merawat kulit wajah dibedakan berdasarkan jenisnya, beda jenis atau tipe kulit wajah anda pastinya akan beda pula cara menanganinya atau cara merawatnya. Jenis kulit wajah yang dimiliki oleh seseorang tentunya akan berubah-ubah seiring dengan bertambahnya usia. Jenis kulit juga sewaktu-waktu bisa berubah karena dipengaruhi oleh faktor lainnya sehingga hal ini bisa mempengaruhi bagaimana cara memanjakan kulit wajah anda.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah Anda Sesuai Dengan Jenisnya



  1. Perawatan Kulit Wajah Normal
    Cara merawat kulit wajah yang normal cenderung mudah karena dalam perawatannya cukup menggunakan perawatannya biasa atau komposisinya diformulasikan untuk kulit yang normal. Gunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan bahan kimia lembut dan hindari menggosok wajah dengan cara yang kasar karena cara itu akan membuat kulit wajah anda lecet. Anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air hangat, kemudian bilas menggunakan air hangat. 

  2. Perawatan kulit wajah kering
    Pilihlah perawatan wajah yang bisa menutrisi kulit yang kering sehingga bisa lebih lembab seperti emolien, serta hindarkan produk yang mengandung alkohol maupun pewangi. Sesudah membersihkan wajah anda bisa menggunakan pelembab dengan kadar minyak yang sedikit sehingga tidak menyebabkan wajah anda berminyak setelahnya. Pada wajah yang kering hindarkan penggunaan air hangat  dan jangan mandi terlalu lama untuk menghindarkan wajah anda semakin kering.

  3. Perawatan kulit wajah berminyak
    Ada berbagai macam cara untuk merawat kulit wajah yang berminyak, yakni dengan mencuci muka sehari 2 kali secara rutin dengan sabun cuci muka yang mengandung gliserin salah satunya. Setelah wajah anda di bersihkan, anda bisa menggunakan toner yang mengandung benzoil peroksida, asam glikolat, asam salisilat. Selain itu anda juga bisa memilih produk yang mengandung air dan berlabel noncomedogenic yang tidak menyebabkan pori-pori menyumbat. 

    Untuk menghilangkan minyak pada wajah anda, maka gunakanlah kertas minyak sebagai cara untuk mengurangi tampilan minyak pada wajah anda. Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk menunjang perawatan wajah yang berminyak seperti madu, tomat, lidah buaya, serta minyak jojoba. Selain itu hindari konsumsi makanan yang tidak sehat seperti gorengan, junk food, serta makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

  4. Kulit wajah sensitif
    Bagi anda yang mempunyai kulit wajah sensitif biasanya tipe kulit ini pemicu yang menyebabkan reaksi alergi ataupun iritasi. Gunakanlah sabun wajah berbahan lembut dan bilaslah dengan air hangat untuk membilas wajah setelah mencuci wajah dan janganlah menggosok wajah terlalu kencang. Orang yang mempunyai kulit wajah sensitif disarankan agar menghindari bahan kosmetik yang mengandung bahan seperti alkohol, asam, serta pewangi karena bahan tersebut bisa menyebabkan kulit teriritasi. Produk yang di sarankan adalah lidah buaya, teh hijau, gandum, serta polifenol.

  5. Kulit wajah kombinasi
    Cara yang paling tepat dalam merawat kulit wajah yang berjenis kombinasi yakni bisa dengan mengan menggunakan produk serta pelembab yang dibuatkan khusus untuk jenis kulit wajah kombinasi. Produk tersebut mampu mengurangi kadar minyak di daerah zona T sekaligus untuk melembabkan di area pipi. Bersihkan kulit wajah anda sebanyak 2 kali sehari secara rutin dan hindarkan penggunaan pembersihkan yang mengandung alkohol, benzoil peroksida, dan asam salisilat.


Apabila dalam melakukan cara ini ternyata kurang efektif dalam mengurangi masalah wajah kombinasi, maka bisa menggunakan produk pembersih wajah khusus pada kulit berminyak untuk zona T. Apapun jenis kulit wajah anda harus tetap menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari bahayanya sinar ultraviolet. Jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan wajah dari make up sebelum tidur. Imbangi juga dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti buah dan sayur, Banyak konsumsi air putih serta batasi mengkonsumsi alkohol dan berhenti merokok.